Al-Quran Pedoman Hidup

Al-Quran adalah pedoman hidup umat islam, yah Al-Quran pedoman hidupku. Begitu mudah terucap oleh lisan setiap insan yang mengaku beragama islam namun pengaplikasian dari pengakuannya tidaklah nampak. Tidak sedikit umat islam yang hanya menjadikan alquran sebagai pajangan yang dibaca sekali-kali bahkan tidak pernah. Adapula yang rutin setiap hati membacanya namun sama sekali tidak mengetahui maknanya, bahkan ada yang tahu betul makna setiap ayat yang dikandung dalam alquran namun tidak menjadikan alquran sebagai panduan hidunya. Sejatinya manusia, baik yang beragama maupun diluar islam yang hidup namun tidak menjadikan alquran dan As-sunnah sebagai pedomannya dalam segala aspek kehidupannya baik itu dalam berpakaian, pendidikan, ekonomi, berintraksi sosial dan sebagainya maka sesungguhnya mereka hidup di zaman kegelapan, yah.. mereka masih gelap karena tidak adanya cahaya. Bisa kita bayangkan jika hidup didunia ini tanpa adanya cahaya, pasti gelap gulita, penghuni bumi akan tersesat dan celaka karena tak mampu melihat apa yang disekelilingnya. Sama halnya jika tidak menjadikan alquran sebagai pedoman dalam hidup karena alquran merupakan cahaya dan petunjuk, sesungguhnya Allah SWT yang menciptakan kita jauh lebih tahu semua yang terbaik untuk kita, bukankah pencipta itu pasti mengetahui semua tentang ciptaannya. Semua peraturanNya dituangkan dala Alquran dan Assunah yang pasti akan menyelamatkan manusia.
Potret buram umat Islam diera moderen ini, kebanyakan hanya menjadikan Islam sebagai agama ritual semata yang hanya ada di mesjid dan acara pengajian saja, sempit sekali mereka memandang Islam, jika memang seperti itu adanya apa bedanya Islam dengan agama lain? Mengapa mereka memilih Islam sebagai agama? Apakah keislamannya muncul karena faktor keturunan dan ketentraman jiwa tanpa adanya kesadaran bahwa islamlah agama yang benar. Alquran menjawab semua kekhawatiran umat manusia, maka jangan pernah ragu untuk melakukan suatu kebaikan, karena ketika kita ingin melakukan suatu kebaikan, maka syetan pun dengan gencarmu mulai berbisik tentang kewaspadaan. Misalnya, ketika kita melihat seseorang bermaksiat, pacaran, berpakaian tidak syar’i maka jangan ragu untuk menasehati karena kewaspadaan, keragu-raguan, ketidakenakan, malu, takut dan sebagainya adalah bisikan syetan yang bisa menghalangi kita dan menyurutkan langkah kita untuk menasehati saudara(i) kita.
Rasulullah saw. Bersabda :
Orang yang terbaik diantara kalian adalah orang yang mempelajari al-Quran dan mengajarkannya. (HR. Al-Bukhari dari Utsman bin Affan r.a)

Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan akan diabalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa “Alif lam mim” adalah satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim juga satu huruf. (HR. At-Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud dan hadits ini shalih)

Orang yang mahir dengan al-Quran akan bersama-sama dengan rombongan malaikat yang mulia dan senantiasa berbuat baik. Dan orang yang membaca Alquran tapi tebata-bata dan sangat berat baginya, ia akan mendapatkan dua pahala. (HR. Muslim dari Aisyah, Ummul Mukminin. r.a)
Demikian telah dipaparkan tentang keutamaan Alquran, dan orang yang mahir membaca alquran maka ia adalah temannya malaikat dan senantiasa berbuat baik. Dan orang yang tidak menghafal satupun ayat dalam Alquran maka ia di ibaratkan sebagai rumah yang akan roboh. Orang seperti ini tidak bisa dijadikan sebagai teman curhat atau pemberi solusi dan pelindung, sebagaimana rumah yang akan roboh tidak akan bisa melindungi penghuninya malah justru akan menambah ketakutan bagi penghuninya. Selain membaca al-quran tentu kita harus mengamalkannya karena sejatinya orang yang mengamalkan alquran jauh lebih besar pahalanya dari pada hanya sekedar membacanya. Diakhirat kelak Alquran akan senantiasa menjadi pembela maka dari itu bacalah Al-quran. Tempat kita diakhirat kelak ditentukan oleh banyak bacaan Alquran kita.
Al-Quran adalah kitab yang menjadi pembela dan bisa diminta pembelaan, ia adalah kitab yang mahir dan mushaddaq. Siapa saja yang menjadikan al-quran ada didepannya, maka ia akan menuntunnya kesurga. Tapi siapa saja yang menjadikan Al-Quran dibelakangnya, maka ia akan mengiringinya ke neraka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s