Tantangan Kepramukaan di Dunia Kampus (PGSD 2012 FIP UNM)

Pramuka merupakan salah satu organisasi yang cukup atau bahkan popular dikalangan masyarakat. Kegiatan yang melekat erat dengan kedisiplinan ini ternyata mencapai puncak keemasannya ditahun 2013, sebab dikurikulum baru yakni kurikulum 2013 yang dirancang pemerintah tahun lalu akan segera di terapkan dipertengahan tahun ini tepatnya ditahun ajaran baru nanti, dan hubungannya dengan kegiatan pramuka yaitu pada kurikulum baru ini menetapkan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib disekolah dasar.
Keputusan tersebut membuat kami mahasiswa khususnya PGSD diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pelatihan kepramukaan sebab ini merupakan persiapan untuk mengajar kepramukaan di SD nanti (Insya Allah). Meskipun ditahun sebelumnya, sebelum pramuka diwajibkan untuk mahasiswa PGSD dan juga belum menjadi ekstrakuriuler wajib di Sekolah Dasar namun pelatihan pramuka sudah dilaksanakan beberapa tahun trakhir ini di jurusan PGSD, namun khusus tahun ini kegiatan ini sangat ditekankan kepada mahasiswa calon pendidik semester 2.
Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 bulan dengan 2 kali seminggu pelatihan rutin pada jam 13.00 dan setiap akhir bulan diadakan kegiatan evaluasi seperti hiking dan perkemahan alam bebas sebagai penutupan pelatihan tersebut di ikuti oleh hampir semua mahasiswa PGSD angkatan 2012 beserta para senior-senior mereka yang tidak mengikuti kegiatan pramuka ditahun sebelumnya. Sekedar info, Sertifikat perlatihan pramuka menjadi syarat untuk mengikuti seminar proposal dan hasil disemester akhir kelak, sehingga para mahasiswa antusias mengikutinya.
Namun banyak keluhan yang dilontarkan oleh para peserta dikarenakan dalam pelatihan tersebut banyak tugas yang dibebankan kepada peserta yang rata-rata masih semester 2, di semester 2 ini mahasiswa sangat disibukkan oleh tugas kuliah yang tentunya berbeda dengan semester lalu, saya sendiri sebagai salah satu peserta dari pelatihan tersebut merasa kesulitan membagi waktu antara mengerjakan tugas kuliah maupun pramuka, namun masih bisa kujalani meskipun hasilnya tak maksimal. Terkadang ditengah usahaku menjalani tugas pramuka keluhan dan rasa ingin menyerah menyelimutiku, sehingga kulampiaskan dengan tidak mengikuti latihan dengan rutin, akibatnya pada saat evaluasi hiking banyak materi yang tidak kuketahui.
Tahun, semester dan april ini benar-benar melatihku untuk bisa membagi waktu diantara sederet kesibukkan yang menimbulkan keluhan dan rasa malas pada diriku.. yah.. paling tidak aku bisa menjalaninya. Jika ditanya apa harapanku bulan ini?? yah, aku jawab “Aku berharap Aprilku berlalu sekejap”😀 . Aku yakin peserta lain juga berharap demikian, selain yang benar-benar mencintai pramuka. Nah, lagi-lagi aku harus belajar untuk mencintai sesuatu yang baik untukku, yang sangat sulit untuk kucintai…

Salam pramuka..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s