FGD MGD’s 2015 Indonesia

Pencapaian Millenium Development Goal’s (MDGs) 2015 Indonesia

Indonesia Belum Mampu Mencapai Target Millenium Development Goals (MDGs) 2015
355

Millenium Deveploment Goal’s (MDGs) 2015 Indonesia menurut saya sangat kecil kemungkinan akan tercapai melihat situasi dan kondisi negara kita saat ini. Tujuan pembangunan millenium yang terdiri dari 48 indikator, 18 target disetujui oleh 189 negara yakni anggota PBB dibulan september 2000 yang batas waktunya tahun 2015 dengat target yang terukur dan mempunyai 8 tujuan utama yakni, (1) Memberantas kemiskinan dan kelaparan, (2) Mewujudkan pendidikan dasar untuk semua, (3) Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, (4) Menurunkan angka kematian anak, (5) Meningkatkan kesehatan ibu, (6) Memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit tertular lainnya, (7) Memastikan kelestarian lingkungan, (8) Membangun kemitraan global untuk pembangunan. Suatu negara dikatakan dapat mencapai MDGs 2015 apabila telah mewujudkan target dari 8 tujuan utama MDGs tersebut, sedangkan di Indonesia sendiri yang terhampir tercapai dari tahun 2000 sampai sekarang hanya dua tujuan utamanya yakni mewujudkan pendidikan dasar untuk semua dan mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, masih ada 6 target utama yang belum dicapai dan sepertinya memang sangat sulit untuk dicapai oleh bangsa Indonesia.
Penyebab utama Indonesia sangat sulit untuk mencapai tujuan ambisius tersebut karena krisis pangan dan keuangan serta begitu luasnya wilayah Indonesia. Pemerintah juga masih sulit memenuhi target tersebut dengan masih tingginya angka kemiskinan, angka kematian anak, kualitas kesehatan dan masalah penduduk. Selain itu korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan pemerintah dan kurang pedulinya masyarakat Indonesia terhadap lingkungan dan negaranya menjadi faktor pendukung lainnya sehingga sulitnya Indonesia mencapai target MDGs, dengan memperbaiki sistem yang berlaku di Indonesia yakni sepenuhnya berlandas dan pelaksanaannya berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, bukan sistem liberal. Selain itu dengan meningkatkan jumlah dan kualitas tenaga medis, pendidik, pemerintah yang bersih dan bermoral serta masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan negaranya, masyarakat yang tidak hanya selalu mencela pemerintah dan mengeluh terhadap situasi negara namun masyarakat yang siap bertindak untuk perbaikan negara, dengan itu Indonesia akan memiliki peluang yang besar untuk mencapai target MDGs 2015.
Millenium Development Goals (MDGs) merupakan cita-cita pembangunan nasional dengan target tercapainya kesejahtraan rakyat dan pembangunan masyarakat pada tahun 2015. MDGs yang diselenggarakan oleh 189 negara anggota PBB terbentuk pada bulan September 2000 memiliki 48 indikator, 18 target dan 8 tujuan utama yang batas waktunya tahun 2015 dengan target yang terukur, adapun 8 tujuan utama tersebut yakni (1) Memberantas kemiskinan dan kelaparan, (2) Mewujudkan pendidikan dasar untuk semua, (3) Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, (4) Menurunkan angka kematian anak, (5) Meningkatkan kesehatan ibu, (6) Memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit tertular lainnya, (7) Memastikan kelestarian lingkungan, (8) Membangun kemitraan global untuk pembangunan. Sebuah negara dikatakan mencapai target MDGs tersebut apabila dapat memenuhi kedelapan tujuan utama tersebut namun di Indonesia sendiri peluang untuk dapat mencapai target MDGs sangatlah kecil, dari kedelapan tujuan utama tersebut Indonesia hanya bisa mencapai dua tujuan utamanya yakni mewujudkan pendidikan dasar untuk semua, pendidikan dasar semua provinsi di Indonesia hampir mencapai 90% dan Indonesia juga menetapkan pendidikan dasar melebihi target dengan menambahkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang target semula hanya pendidikan dasar 6 tahun yaitu sekolah dasar namun sekarang menjadi 9 tahun. Namun saya sebagai calon pendidik di Sekolah Dasar merasa kurang setuju dengan tujuan dari target MDGs pada tujuan Peningkatan pendidikan dasar untuk semua karena hanya terfokus pada hal-hal yang bersifat kuantitatif tanpa memperhatikan kualitas dari pendidikan dasar tersebut. Selanjutnya, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, bisa kita lihat sekarang ini sudah banyak perempuan yang berbisnis menduduki kursi pemerintahan dan pendidikannya sudah setara dengan laki-laki, jauh berbeda dengan kondisi perempuan dahulu. Namun disisi lain saya juga masih kurang setuju dengan tujuan dari MDGs mendorong kesetaraan gender karena saya sebagai pemeluk agama islam berpedoman pada AlQuran, dalam islam sendiri tidak mengenal kesetaraan gender karena setiap laki-laki dan perempuan hak dan kewajibannya sudah diatur dan ditentukan oleh Allah SWT.
Tujuan lain yang belum dicapai oleh Indonesia yang itu menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, menutut data memang angka kemiskinan terus menurun dari tahun ketahun namun faktanya sekarang masih banyak warga miskin dan kelaparan karena kurangnya lapangan kerja yang tersedia, yang lebih memprihatinkan lagi banyak sarjana yang tidak memiliki perkerjaan karena banyaknya orang asing yang masuk di Indonesia untuk bekerja sehingga mengurangi peluang masyarakat Indonesia memperoleh pekerjaan, jadi untuk bersaing dengan bangsa asing tersebut tentu kualitas pendidikan jadi patokan jadi sekali lagi selain kuantitasnya kualitas pendidikan juga sangat diperlu ditingkatkan. Tujuan yang paling sulit dicapai oleh Indonesia adalah memerangi HIV/AIDs, Malaria dan penyakit menular lainnya karena di Indonesia sendiri peningkatannya sangat pesat dari tahun ketahun. 1Data Kementerian Kesehatan menunjukkan sebanyak 201 kasus HIV/AIDS ditemukan di tahun 2001. Kemudian kasusnya terus meningkat dan menjadi 21.770 kasus di tahun 2010.
Kelestarian lingkungan hidup, banyaknya penebangan hutan liar sehingga menyebabkan bencana, ketidakpedulian masyarakat terhadap lingkungan hingga terjadi banjir , kurangnya kesadaran masyarakat tentang bahaya merokok dan pabrik perusahaan yang mencemari lingkungan, polusi karena asap kendaraan selalu mendominasi pencemaran udara setiap harinya terutama didaerah perkotaan. Membangun kemitraan global untuk pembangunan, negara maju akan membantu negara berkembang untuk meringankan hutang negara mereka, terutama Indonesia namun selama rentang waktu selama ini (2000 sampai sekarang) tidak ada bukti yang nyata dari tujuan tersebut.
Dari hasil Forum Dicussion Group kemarin sebagian besar peserta diskusi memiliki pandangan yang sama tentang Millenium Development Goals 2015 di Indonesia, Indonesia akan sulit mencapai target MGDs ditahun 2015, beberapa dari mereka beralasan sebagai berikut :
• MGDs 2015 Sulit dicapai oleh Indonesia karena untuk mewujudkan kedelapan tujuan utama tersebut diperlukan biaya yang sangat besar, melihat situasi negara kita saat ini yang mengalami krisis keuangan.
• Program pencapain sangat kecil/gagal, angka-angka yang dilontarkan tidak sesuai dengan fakta
• Kasus HIV/AIDS terus meningkat dari tahun ke tahun
• Banyaknya utang negara Indonesia sehingga sedikit dana untuk mewujudkan kedelapan tujuan utama tersebut
• Kemiskinan masih mewabah di Indonesia
• Banyaknya kerusakan alam, polusi udara dan bencana alam di Indonesia
Namun ada pula yang berpendapat bahwa MGDs 2015 Indonesia akan mampu mencapainya dengan alasan sebagai berikut :
• Indonesia masih mempunyai waktu 2 tahun untuk berusaha mencapai target tersebut dengan sungguh-sungguh, tidak boleh terlalu dini menyimpulkan kegagalan tersebut, kita harus optimis
• Indonesia sudah menangulangi kemiskinan (berdasarkan data), pendidikan dasar untuk semua sudah hampir berhasil diselenggarakan oleh Indonesia bahkan melebihi target dan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan sudah nampak saat ini, sudah banyak wanita yang berbisnis, berpolitik dan pendidikannya juga setara dengan laki-laki.
Kesimpulannya, Pencapaian Millenium Development Goals 2015 Indonesia sangat sulit tercapai, karena untuk mencapai target tersebut kita harus mewujudkan kedelapan tujuan utama dari MDGs. Berdasarkan pendapat salah seorang peserta FGD, Indonesia masih mempunyai waktu 2 tahun untuk berusaha, kita harus optimis namun kita melihat situasi dan kondisi negara kita selama ini, dari tahun 2000 hingga sekarang belum ada hasil dari program yang dilaksanakan oleh pemerintah sehingga tidak ada jalan terang bagi Indonesia untuk mencapai target MGDs 2015. Kita juga tidak boleh langsung percaya dengan data yang berupa angka-angka dan pernyataan pemerintah dari berbagai media yang perlu kita lihat adalah fakta yang terjadi disekitar kita, apakah sudah sejahtrah atau tidak karena tujuan dari MGDs ini adalah mensejahtrakan rakyat namun data yang dilontarkan oleh pemerintah tidak sesuai dengan fakta yang terjadi saat ini. Memang sudah ada tujuan utama dari FGDs yang hampir diwujudkan oleh Indonesia yaitu Pendidikan dasar untuk semua dan kesetaraan gender namun itu belum cukup.
Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan memperbaiki sistem yang diterapkan di Indonesia, memang berlandaskan pada Pancasila namun pelaksaannya cenderung liberal, selain itu dibutuhkan pemerintah yang bersih dan bermoral, tidak korupsi, karena seperti yang dipaparkan diatas bahwa untuk mencapai target MGDs diperlukan biaya yang sangat banyak jadi jika pemerintah terus saja korupsi tentu akan menyebabkan krisis keuangan sehingga tidak ada lagi dana untuk mewujudkan target dari MGDs 2015, dan yang terakhir adalah masyarakat peduli akan lingkungan dan negara karena tanpa peran dari masyarakat tentu saja program yang diajukan oleh pemerintah tidak dapat terlaksana dengan baik, masyarakat juga harus mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan dan melestarikanya, dan pemerintah setempat harus menyampaikan atau mensosialisasikan tentang MGDs 2015 agar masyarakat tahu dan bisa ikut berpartisipasi.

Referensi
1Abd, “Target MDGs Terhambat Masalah HIV” http://www.sehatnews.com/2012/07/25/target-mdgs-terhambat-masalah-hiv/ accesed on 17/01/2013.pukul.10.00WITA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s