Why ??

Hari ini saya mengikuti sebuah Training dikampus UNM FIP tepatnya diaula PGSD…
Ruangan yang cukup luas namun yang datang yang sekitar 20 orang peserta dari ribuan mahasiswa UNM. Sangat memprihatinkan.. memang dari pengamatan sok kritis saya namun memang begitu adanya mahasiswa cenderung malas mengikuti training atau kegiatan kampus yang bertema religius apalagi kalo penyelenggaranya sudah pake jilbab dan kerundung yang besar .. huhhh padahal manfaatnya luar biasa looh daripada harus mengikuti training2 lain … ok. Anggaplah orang2 yang datang ditraining ini adalah orang2 pilihan, yang mau menuntut ilmu allah dan berjuang dijalanNya walaupun mungkin diantara mereka ada yang terpaksa karena diajak namun saya sendiri sangatlah ikhlas kok *dijamin* !!!!
Tepat pukul 10.00 lewat sejam dari jadwal yang telah ditentukan acara dimulai dengan sebuah seruan yang diserukan oleh MC kepada kami “Apa kabar hari ini??” dengan semangat kami menjawab seruan tersebut “ Alhamdulillah, tetap semangat, semakin bertakwa, Allahu akbar!!”. dan dilanjutkan oleh pembawa materi pertama yang membawakan materi yang berjudul “Menjalani hidup lebih bermakna”. Namun lucunya .. entah apa yang terjadi pada peserta yang lain mereka sama sekali tidak ingin duduk didepan meskipun sudah diarahkan agar mengisi kursi kosong didepan.. sehingga membuat otakku berpikir spontan “apakah acara ini nampak kurang menarik?? Sehingga mereka memilih duduk dibarisan paling belakang”. Saya yang duduk dibarisan paling depan merasa agak bosan dengan materi ini, bukan karena sudah sangat paham namun pematerinya yang terlalu bertele-tele dan kebanyakan bercanda tidak jelas, mungkin maksudnya menghidupkan suasana namun malah membunuh Mood saya unutk memperhatikan materi sehingga suara kipas angin saja yang bisa kusimak saat itu…
Karena kesepakatan awal kami dengan pemateri agar mengabaikan HP saat materi berlangsung maka untuk mengurangi kebosananku maka kuperhatikan orang-orang disekelilingku, aku baru sadar ternyata tak seorangpun yang kukenali selain para panitia.. tenyata mereka dari fakultas lain namun bukan itu yang menjadi perhatian utamaku tapi ekspresi wajah mereka. Ada sangat bersemangat namun lebih dominan memperlihatkan raut wajah kebosanan selama materi mungkin karena lapar karena itu juga yang kurasakan. Hingga akhirnya materi ini berakhir dengan sebuah video yang mampu menarik perhatian seluruh peserta training, video yang sangat menyentuh.. aku hampir saja menangis menyaksikannya namun unutk menghindari itu sengaja kualihkan konsentrsiku dengan menikmati snack yang sudah dibagikan oleh panitia..
Pemateri kedua mulai beraksi dengan materi yang tidak saya ketahui judulnya,, hehehhe. Saat itu kebosanan telah hampir menguasai seluruh jiwa dan raga saya ditambah lagi karena posisi yang kurang nyaman karena telah dudk beberapa jam, namun tidak sengaja kusembunyikan rasa ketidak nyamanan itu untuk menghormati pemateri. dan akhirnya materi berakhirsetelah jam menunjukkan pukul 13.00. kamipun dipersilahkan untuk shalat dan kembali keruangan seminar untuk makan siang dan dilanjutkan kembali dengan materi. Tiba-tiba saja saya bersemangat dan cepat2 bergegeas kemusollah kampus.
Dan pemateri terakhir membahas tentang Syariat Islam.. ini cukup menarik dan bisa membuat saya fokus memperhatikan materi yang dibawakan meskipun sesekali saya berhasil melirik jam dan menunggu dimana jarum jam menunjukkan pukul 15.30..*pengen cepet pulang*.
Sesekali kumengalihkan pandanganku kejendela memandang hujan yang disertai petir, yahh seperti itu aku menghindari kebosanan yang bisa membuatku beranjak pergi meninggalkan ruangan ini seperti yang dilakukanoleh teman2 pesrta yang lain karena saking bosannya mereka memutuskan unutk pulang saja, namun saya tidak ingin mengecewakan para panitia yang merupakan pembimbingku, pemateri, diri saya sendiri dan yang pastinya saya takut mengecewakan Allah !!
Saya pura-pura mengerti saja dengan yang disampaikan pemateri, sesekali saya tersenyum saat pemateri mulai melawak hehheh
….
Setelah mengenang kegiatan siang sampai sore tadi .. saya bisa merenungkan, betapa menyedihkannya diriku yang merasa tidak nyaman dan bosan saat belajar tentang Islam ditraining tadi.. ku usahakan lain kali untuk tidak seperti itu lagi 

Leave a Reply

