Autobiografi

BIOGRAFI

Nama Lengkap saya Fatimah namun saya paling akrab di sapa Imha. Saya berasal dari Kabupaten Barru dan saya lahir disana pada tanggal 16 April tahun 1994. Saya tidak memiliki Kakak dan adik atau dapat dikatakan saya adalah anak tunggal. Hobbi saya nonton tv, dengar musik dan jalan-jalan.
Sejak usia enam tahun, saya sudah masuk ke Sekolah Dasar. Saya bersekolah di SD Inpres Barru 1. Saat masih duduk duduk dibangku SD saya termasuk murid yang cerdas karena saya selalu masuk peringkat lima besar dikelas. Alhamdulillah saat kelas empat semester satu saya mendapat peringkat pertama dan saya dapat mempertahankan peringkat tersebut hingga tamat. Saya juga aktif mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh pihak sekolah atau Lomba antar kelas seperti, Lomba menulis indah, Porseni, melukis, dan membaca puisi dan pernah mendapatkan penghargaan karena meraih juara 2 dan 3 menulis indah. Cukup membanggakan bagi saya pernah mendapat juara. Saya juga aktif dibidang ekstrakulikuler utamanya bidang kesenian yaitu seni musik. Dulu saya memiliki Grup musik yang sering mengisi acara-acara disekolah, di kantor pemerintahan, dan acara perlombaan. Saya memegang alat musik kecapi. Pada saat mengisi acara-acara, saya dan teman-teman di Grup saya pergi dipagi hari dan pulang di malam hari. Orang tua kami pun sudah mengerti dan tidak mencari-cari kami karena sudah ada pemberitahuan sebelumnya dari Kepala Sekolah sebagai pembina grup musik kami. Saat SD, saya paling gemar dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Karena kecintaan saya dengan Bahasa Inggris, maka pada kelas 4 SD saya mengikuti kursus Bahasa Inggris disore hari. Saat duduk dibangku kelas 6 SD, saya juga pernah dipercayakan oleh teman-teman saya untuk menjadi Ketua kelas. Meski selama menjadi ketua kelas saya sering mendapat rintangan, karena harus mengatur teman-teman yang memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga mereka sulit di atur namun saya tetap semangat karena di balik itu semua mereka memiliki sisi positif dan mereka baik kepada saya.
Setelah lulus dibangku Sekolah Dasar, saya melanjutkan sekolah yang lebih tinggi. Saya mendaftar di sebuah Sekolah bernama SMP Negeri 1 Barru dan Alhamdulillah hanya dengan sekali mengikuti tes saya bisa lulus. Walaupun nama saya tidak masuk sepuluh teratas yang lulus, namun saya bangga karena nama saya berada di urutan ke 30 dari 214 orang lulus lainnya. Kabar tersebut juga sangat mengembirakan bagi kedua orang tua saya. Sejak saya SMP prestasi saya mulai menurun, minat saya terhadap pelajaran juga menurun drastis. Saya pun malas mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan di sekolah. Pada saat SMP saya juga lebih senang braktivitas dirumah dari pada diluar rumah. Sempat saat kelas 1 semester ganjil saya mendapat peringkat ke tiga dikelas, tapi ketika semester genap saya hanya bisa meraih peringkat ke tujuh. Nilai yang menurut saya jauh menurun dari semester sebelumnya. Di kelas 2 terjadi roling dan saya pindah ke kelas 2.1 yang artinya saya se kelas dengan teman-teman yang rata-rata juara umum. Saya semakin minder dan merasa saya tidak mampu bersaing dengan mereka. Namun saya tetap berusaha dengan belajar setidaknya saya bisa mendapatkan nilai yang bagus walaupun tidak mendapat peringkat. Alhamdulillah setiap ulangan baik ulangan harian, mid maupun ulangan semester saya mendapat nilai yang lumayan bagus sehingga saya bisa menunjukkan bahwa diri saya pantas berada di kelas tersebut. Ketika saya naik ke kelas 3 terjadi lagi perolingan kelas tapi saya bersyukur karena saya tetap di kelas 3.1 bersama dengan teman-teman sebelumnya. Di kelas 3 saya lebih giat lagi belajar untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional. Nilai untuk ulangan semester saat itu kurang saya pedulikan, yang ada dibenak saya adalah bisa lulus UN. Tidak hanya belajar, usaha saya untuk bisa lulus UN saya barengi dengan do’a terlebih ketika mendekati UN terkadang saya bangun ditengah malam untuk menyampaikan keinginan saya itu.
Tibalah saat Ujian Nasional yang aku dan teman-teman nantikan, saat-saat yang paling menegangkan dalam hidupku karena sekolah yang saya jalani selama tiga tahun di tentukan oleh UN yang diadakan hanya tiga hari. Namun, saya melalui hari itu dengan penuh semangat dan keceriaan dengan satu harapan yaitu LULUS. Beberapa bulan setelah UN, tepatnya bulan Juni keluarlah pengumuman hasil UN. Dan dari isu yang beredar, ada sekitar 40 orang siswa SMP ku yang tidak lulus. Saya berharap nama saya tidak terdapat ke dalam daftar tersebut karena saya tidak ingin mengecewakan orang tua saya. Ketika nama saya dipanggil dan diberikan amplop, saya tidak lantas membuka dan melihat isinya karena saya ingin kedua oorang tua saya lah yang lebih dulu melihat isinya. Ketika dibuka, ternyata saya dinyatakan LULUS. Saya sangat bahagia dan langsung sujud syukur. Adapun nilai UN Saya yaitu:
-Bahasa Indonesia 8,20
-Bahasa Inggris 7,60
-Matematika 8,75
-IPA 8,00
Saya pun melanjutkan sekolah saya ke Sekolah Menengah Atas. Saya mendaftar di SMA Negeri 1 Barru dan langkah saya bisa mesuk ke sekolah itu tidak terlalu sulit. Intinya, ketika saya mendaftar di sekolah yang saya inginkan saya selalu diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Saat pembagian kelas, saya duduk di kelas X.2 yang katanya kelas tersebut tempat orang-orang cerdas. Saya tidak terlalu sulit menyesuaikan diri dengan teman-teman baru karena sebagian adalah teman SMP saya. Di kelas, saya adalah orang yang biasa-biasa tidak pintar juga tidak bodoh diantara teman-teman yang lainnya. Ketika pembagian rapor, saya hanya bisa meraih peringkat 10 ke atas. Semester 2 adalah penentuan jurusan yang cocok dengan saya dan di lihat dari nilai rapor, saya lebih cenderung ke IPS. Namun saat kelas XI saya heran karena nama saya ada dikelas IPS dan juga IPA. Saya mencoba untuk mengonfirmasi dengan guru BK saya dan saya di suruh memilih apakah saya ingin IPS atau IPA. Tapi hati saya mengatakan saya di IPA saja walaupun kemampuan saya ada di IPS. Dua tahun berada di kelas Ipa saya jalani walaupun sebenarnya kemampuan saya dibidang IPA bisa dikatakan standar-standar saja nilainya pun tidak terlalu tinggi. Sampai pada saat di kelas tiga waktu semakin mendekati Ujian Nasional. saya kembali mempersiapkan diri saya seperti saat SMP yaitu belajar dengan giat. Tiba saat Ujian Nasional yang dilaksanakan selama empat hari pada bulan April 2012. Dan ketika keluar pengumuman Alhamdulillah SMA se Kabupaten Barru dinyatakan lulus. Berita yang sangat mengembirakan sekaligus membanggakan. Saya lulus dengan rata-rata 8,3 yang menurut teman-teman lumayan tinggi. Beberapa bulan kemudian, saya di sibukkan mendaftar di Perguruan Tinggi. Dan saya memilih UNM untuk mendaftar karena dengar-dengar UNM merupakan salah satu Perguruan Tinggi favorit di Makassar bahkan di Sulawesi Selatan. Saat mendaftar, saya memilih paket IPC dan saat pendaftaran Online, saya memilih jurusan Tekhnik Informatika, Bahasa Inggris dan PGSD. Waktu tiba tes, timbul keraguan di hati saya karena soalnya yang sulit aku kerjakan. Saya sudah tidak bisa mengharapkan saya bisa lulus yang bisa saya lakukan hanya berdo’a semoga saya bisa lulus. Ketika keluar pengumuman, saya sudah berpikir nama saya mungkin akan dinyataakan tidak Lulus. Ketika saya mengecek nama saya di Internet, ternyata saya Lulus. Cukup mengagetkan bagi saya karena lulus di jurusan PGSD. Awalnya saya tidak pernah berkeinginan akan menjadi seorang guru karena sebenarnya cita-cita saya adalah menjadi Sarjana Tekhnik atau Sastrawan Inggris. Saya merasa jiwa saya bukan lah menjadi seorang guru. Namun setelah kuliah, saya baru sadar bahwa menjadi seorang guru adalah suatu hal yang mulia dan tidak semua orang bisa menjadi guru. Sampai saat ini saya merasa enjoy kuliah di FIP.
Demikian Biografi Singkat dari Saya mulai Dari SD hingga SMA.

Foto SD Foto SMP

Foto SMA

Foto-Foto Kuliah

Leave a Reply

