Mahasisiwa seharusnya

Kali ini saya menulis tentang pandangan saya, bagaimana seorang mahasiswa seharusnya, ya, seorang agent of changes harus mempunyai kelebihan dari yang lain.
Saya hanya menulis pendapat saya, walaupun saya sendiri tidak seperti itu, tapi tidak tertutup kemungkinan ada mahasiswa seperti yang saya tulis ini. Oke, untuk lebih jelasnya, monggo dibaca…
Mahasiswa, sebuah gelar keramat yang disandang seorang anak manusia yang sedang menuntut ilmu,

terkesan tinggi, intelek, sangat berwibawa, berwawasan luas, juga mempunyai moral yang tinggi. Setiap orang yang menyandang gelar tersebut seakan- akan telah berhasil mencapai takhta tertinggi intelektualitas. Dengan gelar itu, para penuntut ilmu tersebut, yang disebut sebagai mahasiswa, bahkan mampu menumbangkan sebuah dinasti pemerintahan di negeri kita tercinta ini, yang telah berkuasa selama 32 tahun.Telah kita saksikan berbagai peran mahasiswa dalam usaha perubahan dan perbaikan bangsa Indonesia sebelum bangsa ini lahir hingga kini. Dimulai dari perjuangan prakemerdekaan, proklamasi yang dimotori oleh golongan muda, penumpasan PKI, penggulingan dinasti orde baru yang dipenuhi keringat perjuangan dan tanpa pamrih, telah menjadikannya bahwa mahasiswa berperan sebagai agent of changes.
Mahasiswa itu pembela rakyat. Berteriak di jalan, lantang, tak takut pada penguasa, untuk menyuarakan kebenaran. Berkarya melalui tulisannya, mengkritik pemerintah yang tak henti- hentinya berbuat kerusakan pada negaranya sendiri. Berjuang atas nama rakyat, untuk rakyat, dan demi rakyat. Menguatkan barisan, menuntut keadilan yang sangat mahal harganya, menuntut kejujuran dari para penguasa. Tak pernah minta bayaran, tak pamrih walaupun telah berbuat banyak. Selalu berada di depan, tak gentar walau darah mengalir di badan. Hidup sebagai mahasiswa membuatnya mengerti akan penderitaan rakyat, walau rakyat kadang tak tahu siapa pembela mereka, yang menyuarakan dengan lantang tuntutan mereka.Atas nama rakyat, mahasiswa tak menyerah walaupun tuntutannya tak digubris, tak menyerah pada waktu, tak kan mundur walau selangkah, tak kan henti walau sejenak, demi rakyat.
Mahasiswa itu agent of changes. Mahasiswa, ditangannya lah kelak masa depan bangsa ini, luar biasa, mahasiswa lah yang akan menjadi pemimpin di masa depan. Mahasiswa sebagai agent of changes selain bagi dirinya sendiri, juga harus berperan bagi lingkungannya. Bagi dirinya, dia selalu berbenah diri, meningkatkan kemampuan diri, meningkatkan IQ, EQ, serta ESQ, selalu berprestasi, semakin taqwa kepada Tuhannya, dan ikhlas di jalan kebenaran. Bagi lingkungannya, tak sekedar mahasiswa yang tinggal di lingkungannya saja, dia juga berperan aktif di dalamnya, menjadi panutan intelektual bagi sekitar, dijadikan contoh sebagai mahasiswa yang peduli akan sekitar, ikut serta dalam program- program pendidikan, agama dan sosial yang ada di lingkungan tersebut. Dan tentu saja sebagai agent of changes, mahasiswa akan mempengaruhi dan merubah lingkungannya menjadi lebih baik.
Mahasiswa itu, gelar intelektualitas tertinggi di kasta pendidikan. Seorang mahasiswa, pasti telah menyelesaikan pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, dan ini berarti, seorang mahasiswa adalah pelajar yang ilmunya tertinggi di kasta pendidikan. Mahasiswa, seorang pintar, seorang cerdas, seorang civitas academica, seorang intelektual, seorang yang mengerti akan keutamaan ilmu, yang menjadi tempat bertanya bagi yang lain akan hal- hal yang tidak mereka ketahui.
Mahasiswa itu, generasi harapan, tidak mengherankan, apabila mahasiswa sering diibaratkan bagai urat nadi yang senantiasa berdenyut, bergetar, meletup-letup dan bergejolak. Ia adalah produk generasi yang memiliki semangat perjuangan dan pengorbanan yang tinggi, serba ingin tahu, peka, penuh kepedulian dan mampu menerima perubahan dari hal-hal yang buruk kepada yang baik, atau sebaliknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s