Saat pertama kali ku jatuh cinta

Dulu aku berharap bisa merasakan indahnya jatuh cinta.. Konon rasanya seperti ada seribu kupu-kupu yang berterbangan di perut dan tubuh terasa ringan, seakan sedang bersantai di pelukan awan. Bukan hanya itu! Segalanya kemudian jadi wangi dan indah. Lukisan alam kemudian jadi lebih cantik dari sebelumnya. Pelangi jadi punya ribuan warna, dengan gradasi yang saling bersahutan, meminta-minta perhatian.
Menurut mitos, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada jatuh cinta. Bahkan orang rela mati demi yang dicintai, tanpa merasa bahwa itu adalah tindakan yang kelewat batas. Akal sehat tiada, seperti masalah yang juga ikut menguap pergi. Cinta punya kekuatan yang lebih hebat daripada obat paling ampuh untuk penyakit paling akut di dunia: duka dan murka.
Maka aku ingin jatuh cinta. Aku mau merasa bodoh dan melakukan segala kekonyolan yang dilakukan dua insan yang dimabuk cinta. Aku ingin bisa merasakan keinginan untuk mengorbankan yang kumiliki demi melihat seberkas senyum di wajah kekasihku. Tapi itu dulu. Jauh sebelum aku mengetahui bahwa jatuh cinta memang sungguh memiliki arti harafiah. Tak lebih dan tak kurang, jatuh, karena sebab apapun, pasti menyakitkan. Seseorang harus siap dengan lebam dan luka yang ditimbulkannya. Dan kalau kau siap jatuh cinta, maka demi Tuhan, kau juga harus siap dengan sakit yang ditimbulkannya.
Detik itu tak mungkin hilang dari ingatanku. Penantianku berakhir di detik itu. Sosok yang biasa, dengan kepribadian yang luar biasa. Senyum salah tingkah menjadi memori yang menandai pertemuan awal itu. Konyol dan tolol, sampai detik ini aku masih sering tersenyum-senyum sendiri bila mengingatnya. Bagaimana mungkin aku bisa melupakan caranya memperkenalkan diri?

(Desember 2009)

Leave a Reply

