Kejahatan Siswa terhadap gurunya

0

Kejahatan “Murid” terhadap “Guru”nya…

Tadi dikampus dosen bahasa Inggris saya bercerita tentang hal tersebut, kejahatan dimaksud disini bukan kejahatan yang bersifat kekerasan Fisik, namun sebuah pelecehan kecil atau bahkan tdak disadari oleh para siswa yang mungkin menganggap hal ini hanyalah keisengan belaka..

okee back to topikk.. kejahatan-kejahatan tersebut misalkan sajaBisik-bisik tdak jelas, menggambar gurunya, dan sebagainyaaa. Coba deh pikirkan kejahatan apa yang pernah anda lakukan terhadap guru anda selama sekolah atau dosen anda selama kuliahhh *Pasti ada*

Seperti yang pernah saya alamiii waktu masih kelas 1 di SMK, saat itu guru Kimia yang terkenal sebagai guru yang Super killer tersebut menjadi korban kejahatan siswa dikelas kami.

Saat  itu pelajaran berlangsung pada jam ke 4 sekitar jam setenga 10 lah,  suasana gaduh mulai mendominasi  proses belajar dikelas,  aku yang duduk paling depan merasa agak terganggu dengan kegaduhan teman2 laki2 dibelakang. Karena penasaran, sesekali saya balik melihat apa yng terjadi dan tampak mereka sedang asyik mengopor kertas dari meja satu kemeja yang lainnya, setiap orang yang menerima kertas yang tak kuketahu apa isinya itu. Ekspresi wajah mereka dari yang awalnya serius memperhatikan pelajaranpun tiba2 memandangi guru sambil menahan tawa…

Akupun langsung memperhatikan apa yang salah dengan guru kimiaku diatas, belum menemukan penyebabnya. Tiba2 seorang teman melemparkan kertas dimejakuu, tanpa berpikir panjang langsung kubaca isinya.. dan ternyataa…………..

Hahahahaha.. aku tdak bisa menahan tawa sambil melihat guru yang menerangkan. Pak guru2 segera menghampirikuu dan menanyakan apa yang terjadi dengan ekspresi marah+heran, dibacanya isi kertas tersebut.. tapii ditanggapinya dengan cuek dan segera memperbaiki resleting celananya yang terbukaa…. hahahahhahah

Dan ternyata isi dari kertas tersebut adalah beliau yang digambar oleh salah satu teman saya dan keterangan gambar dibawahnya berupa tulisan “Liat tresletingnya pak guru !!!”

Contoh diatas merupakan salah satu contoh kejahatan siswa terhadap guru..

Nah.. sebagai calon pendidik atau guru kita pasti akan dihadapka dengan hal2 yang bersangkutan tentang hal kejahatan para murid2 kita.. so, waspadalahhh 😀 heheh

Pokoknya siap mental ajaa deh,

Seperti yang terjadi pada guru kimia saya, sebenarnya yang saya pikirkan apa yang dirasakan guru saya saat itu, apakah dia tdak terlalu memikirkan hal itu? Atau pura2 cuek sajaaa untuk menghilangkan gengsiii ?? hmmm.. entahlah

Menjadi seorang pendidik profesional memang sangatlah sulit,  sebelum kita mendidik orang lain terlebih dahulu kita harus mendidik diri kita sendiri supaya bisa menjadi contoh bagi para pesrta didik kita kelaaak … Amiiiiinnn

 

Salam hangat untuk calon pendidik profesional

Advertisements

Coretan pribadiii (isengg again)

0

Pernahkah anda memikirkan tentang masa depan anda??? Misalkan, bagaimana karier anda nanti? Jodoh? Keluarga? Dan sebagainyaa..

Begitupun dengan saya, saya telah memikirkannya dan merancangnya berupa sebuah konsep kehidupan idaman masa depan.. mau tauuu ??*ogaaahh!! Gak penting banget.. hehehhe*

Whatever dehhh :p

Langsung saja..

Saya adalah seorang mahasiswa PGSD S1 disalah satu perguruan tinggi di sulswesi selatan, UNM bukan UNEM  (universitas negeri makassar). Kalau ditanya bagamana karier masa depan yang anda inginkan?? Maka saya memilikih untuk menjadi seorang guru SD (sesuai dengan jurusan dong) walaupun awalnya gak ada minat dibidang itu tapi karna faktor desakan dari orang tua… maka berubahlah jalan pikiranku..

Konsep kehidupan idaman masa depan alaaa Nining amalia

Insyaa allah lulus S1 pengen daftar PNS lah, gak usah ribet2 daftar S2 dstnya.. cukup jadi seorang PNS biasa yang kesibukannya tidak terlalu “WOOWW”, tapi pemilihan suamipun harus selektif yang pasti harus lebih baiklah daripada saya, seiman, dan cukup dalam segi materi (lebih juga kagak apa2, lebih bagus malah).

Pengen nikah diusia 24 tahun (2015) *ayooo.. serentak bilangg AMIINNNN* dan calon suami harus berusia 3 tahun lebih tua dari pada saya.. (yaaahh.. pacarku yang sekarang mah gak masuk kategori). Pekerjaannya minimal seorang guru atau teknisi 😀 itu sebabnya kalo pacaran lebih suka sama yang gemar IT dan sejenisnya..hehehe

Punya anak maksimal 3 (kebanyakan yahhh?? Katanya di iklan “2 anakcukup”) tapi biarlah saya tdak ingin berpatokan dengan apa yang dikatakan di iklan2 tv… kenapa harus 3????  Yaaahh ada dehhh

Pengen punya rumah didaerah pedesaan tapi gak telalu ndeso2 amat… pokonya desa lahhhh.. aku tdak terlalu menyukai pergaulan dan kehidupan dikota2..

Aku ingin menjadi seorang istri yang tidak disibukkan dengan urusan pekerjaan yang terlalu padat sehingga mengabaikan keluarganya.. menjadi istri dan ibu yang profesional lebih kuidamkan daripada menjadi guru yang profeisional namun keduanya harus bisa kudapatkan!! Tak perlu gelar tinggi2, title yang terlalu panjang n ribet,  untuk sebuah karier yang menuntut kesibukan yang menmfokuskan diri terhadap perkerjaan, karna sebaik-baiknya seorang wanita adalah Istri n ibu yang baik untuk keluarganyaa.

Timbul pertanyaan…terus bagaimana anda bisa mendapatkan kehidupan yang layak dari segi materinyaaa ??  oke.. seorang PNS saya rasa gajinya sudah lumayan untuk hidupnya, tapi untuk pendidikan buah hati kelak mungkin belum cukuplah, makanya saya cari suamii yangg dari segi materinya lebihh menunjang daripada sayaa… oke, seorang teknisi atau ahli IT itulah calon suami idaman sayaaaa 😀

Hahaha.. okee cukup dehh,

Tulisan diatas adalah sebuah do’a dari sayaa untuk kehidupanku dimasa depan, sebenarnya masihh banyak yang ingin kutuangkan dalam tulisan diatass..

Akhir kata.. setelah anda selesai membaca coretan diatas, marilah serentak dengan penuh ketulusan berkataaa AMINNNNNNN

Terima kasih..

MAri belajar mengambil keputusan yang tepat

0

Belajar mengambil keputusan secara tepat adalah salah satu hal yang penting bagi orang-orang yang ingin maju, dan maraih kesuksesan hidup. Di sadari atau tidak, kita selalu di hadapakan pada berbagai macam setiap hari, setiap waktu dan setiap saat. Dan keputusan yang kita ambil tersebut akan berdampak pada kehidupan kita saat itu atau di masa yang akan datang. Salah mengamabil keputusan maka anda harus bersiap untuk menaggung resiko dari keputusan tersebut.

Sebuah contoh kecil saya pernah punya teman yang bisa di katakana gagal dalam mengambil sebuah keputusan. Pada saat itu ia di hadapkan pada keputusan tentang investasi usaha, yang menurut dia akan menjadikan dia menjadi orang kaya. Tanpa sebuah pertimbangan yang panjang, teman saya tersebut memutuskan menginvestasikan uangnya untuk sebuah usaha yang di yakini akan mengantarkannya pada kesuksesan. Tapi saya tahu betul bahwa teman saya tidak punya pengalaman yang cukup tentang dunia usaha yang akan di masukinya. Cerobohnya teman saya, ia tidak pernah mau mencar informasi tentang usahaa tersebut, bahkan dia tidak pernah mau mendiskusikan hal iti dengan temana-temannya yang lain, yang sudah punya pengalaman di bidang usaha seperti yang ia jalani. Alhasil selang beberapa bulan ia harus menerima pil pahit bahwa ia kena tipu dan semua uangnya raib di bawa orang. Yang paling parah hal itu berdampak pada kehidupan keluarganya, karena keadaan keuangan keluarga melemah, akhirnya si istripun pergi merantau untuk mencari uang. Lagi-lagi masalah datang, setelah beberapa bulan istrinya merantau, si istri menggungat cerai teman saya, dan dalam proses yang tidak begitu lama, mereka berdua resmi bercerai. Apapun yang terjadi dalam kehidupan teman saya tersebut, harusnya menjadi sebuha pelajaran bagi kita bahwa salah mengambil keputusan, bisa berdampak buruk pada kehidupan kita.

Contoh narasi di atas hanya satu contoh kecil tentang pentingnya mengambil keputusan secara tepat. Saya yakin hal serupa juga sering anda lihat di lingkungan sekitar anda. memang tidak bisa pungkiri bahwa di dunia ini tidak seorangpun lahir dengan kemampuan mengambil keputusan dengan baik. Dengan kata lain kemampuan mengambil keputusan butuh proses belajar dan pengalaman yang memadai, hingga akhirnya seseorang mampu mengambil keputusan secara tepat.

Manajemen pengambilan keputusan

Menurut Maria Assumpta Rumanti (2002) Proses mengambil keputusan pada dasarnya terletak pada pengetahuan yang sangat akurat dan berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada permasalahannya. Dengan kata lain, untuk mengambil keputusan perlu manajemen yang baik banyak melakukan pertimbangan.

  1. Manajemen yang bagaimana? Mana yang mendapat tekanan?Ingat pada perencanaan, pengorganisasian, pendelegasian, pengawasan, evaluasi per kegiatan dan evaluasi keseluruhan. Keempatnya saling berkaitan, tetapi bisa jadi tidak mempunyai bobot yang sama
  2. Fase-fase proses pengambilan keputusan, dari informasi, masalah yang masuk, perencanaan, gambaran masalah, pertimbangan, keutusan
  3. Penentuan masalah pokok, perlu alternative masalah
  4. Alternatif yang d temukan perlu di olah
  5. Alternatif masalah yang di analisis lagi untuk kemungkinan munculnya alternative lain
  6. Pilihan dari alternative
  7. Memperhatikan hal-hal yang memeprngaruhi proses pengambilan keputusan
  8. Pengambilan keputusan dan kaitannya dengan struktur organisasi
  9. Pengambilan keputusan, hubungannya dengan komunikasi
  10. Pengambilan keputusan, hubungannya denfgan rasionalitas
  11. Macam-macam pengambilan keputusan

Langkah Mengambil Keputusan Secara Tepat

Dari berbagai macam keterangan di atas di bawah ini saya akan menunjukkan bagaimana langkah-langkah mengambil keputusan secara tepat. Langkah-langkah tersebut dapat di uraikan sebagai berikut:

Mengenali masalah

Sebelum mengambil keputusan maka hal pertama yangh harus anda lakukan adalah mengenali masalah yang anda hadapi. Deskripsikan masalah anda denngan jelas, kalau perlu catatlah dalam buku pribadi anda supaya anda bisa lebih memahami masalah yang ada hadapi secara jelas. Banyak sekali orang yang  memiliki masalah, tapi mereka sendiri tidak bisa merumusakan masalah tersebut, sehingga sulit bagi mereka untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Jadi mengenali masalah, mengetahui latar belakang penyebab masalah adalah faktor utama dalam mengambil sebuha keputusan secara tepat.

Tetapkan tujuan

Setelah anda mampu menganali dan merumusakan masalah yang anda hadapi langkah kedua adalah menetapkan tujuan. Orang yang tidak dapat mencerminkan diri mereka akan berakhir dengan membuat keputusan yang buruk karena mereka tidak benar-benar tahu apa yang mereka inginkan sebagai prioritas atau tidak tahu tujuan yang ingin mereka capai.” Sebelum menginginkan sesuatu yang baru, tanyakan pada diri sendiri: Apakah saya benar-benar menginginkan sesuatu yang berbeda? Jangan membuat keputusan hanya didasarkan pada masalah egosime sesaat, karena hal itu akan merugikan anda

Mengumpulkan informasi

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencari informasi. Tanpa sebuah informasi yang komprehensif, tentunya akan sulit bagi kita untuk memutuskan sesuatu secara tepat. Untuk itu tugas yang harus anda lakukan adalah melaukan observasi, malakukan wawancara, membaca buku, browsing internet,  melakukan survey langsung, dan lain-lain. Tapi perlu di ingat juga informasi yang anda kumpulkan harus relefan dengan masalah yang anda hadapi, karena kalau tidak anda akan mambuang banyak waktu dan tenaga dan hasilnyapun tidak akan efektif.

Mencari opsi atau pilihan alternatif lain.

Dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat, maka anda harus mampu melakukan berbagai macam pertimbangan, dan mengetahui berbagai macam kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi atas keputusan yang akan anda ambil. Untuk mencapai hal ini, tentunya anda butuh banyak opsi atau pilihan. Tapi perlu di ketahui juga opsi dan pilihan yang anda buat jangan terlalu banyak, karena hal ini akan membuat anda semakin sulit mengambil keputusan. Untuk menghindari opsi pilihan yang terlalu banyak, anda harus mampu mengolah informasi yang anda peroleh dengan baik.

Melakukan analisis

Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis, dalam melakukan analisis di butuhkan rasional berpikir yang lebih. Setiap opsi keputusan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk itu anda harus mempu mengetahui mana opsi yang paling masuk akal dan paling mungkin untuk di terakan. Krena terkadang ada sebuah psi keputusan yang bagus, tapi sulit untuk di realisasikan. Dari itulah perlu sekali anda melaukan analisi terhadap opsi yang sudah anda tentukan dengan menggunakan akal yang sehat dan pikiran yang jernih.

Diskusikan dengan ahli

Pada tahap ini, saya tidak mengharuskan karena mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih, tapi kalau anda mampu melakukannya, ini bisa jadi alternative yang cukup baik bagi anda.  tapi kalau misalnya anda punya teman yang punya kemampuan ini bisa kita menfaatkan. Jangan malu-malu untuk bertanya, supaya keputusan yang akan anda ambil, benar-benar keputusan terbaik yang telah melalui berbagai macam proses pertimbangan yang matang.

Berdoalah

Selain anda melakukan berbagai macam usaha di atas, maka hal yang tidak boleh anda tinggalkan adalah berdoa. Seperti kita tahu bahwa manusia hanya bisa merencanakan dan memutuskan tapi hasil akhir semua akan menjadi hak sang pencipta. Untuk itulah perlu sekali anda berdoa semoga keputusan yang anda pilih adalah keputusan terbaik bagi anda, orang lain dan bagi sang pencipta.

Lakukan keputusan tersebut

Setelah anda yakin dengan keputusan yang akan anda buat, maka lakukan keputusan tersebut dengan senang hati. Kalau anda mengikuti langkah-langkah di atas harusnya anda sudah memperoleh keyakinan dalam mengambil keputusan, tapi tidak selamnya begitu, bisa saja terkadang kita masih memiliki keraguan, karena keputusan yang di ambil masih terasa sulit. Jika anda mengalami masalah seperti ini jangan pernah anda menghindar, karena hal itu malah akan menjadikan masalah baru bagi anda. Jadi jalankan keputusan anda dengan penuh keyakinan dan optimisme yang tinggi.

Lakukanlah evaluasi

Ini adalah tahap terakhir yang tidak boleh anda tinggalkan. Evaluasi ini bisa anda lakukan melalui tiga tahap taitu evaluasi segera, evaluasi jangka pendek dan evaluasi jangka panjang. Evaluasi jangka pendek anda lakukan setelah keputusan anda ambil evaluasi perasaan anda dan ealuasi keadaan lingkungan sekitara anda, dengan begitu anda akan melihat bagaimana respon orang lain atas keputusan yang anda buat. Evaluasi jangkan pendek bis anada lakukan setelah beberapa minggu, untuk mengatahui dampak dari nyata dari keputusan yang anda lakukan, kalau dampaknya ternyata belum terlalu signifikan, kita bis amenjadikan hal ini sebaga bahan renungan untuk perbaikan diri ke depan. Evaluasi jangkan panjang, kita lakukan untuk mengevaluasi keleluruhan hasil keputusan anda setelah beberapa decade, maksimal dalam jangkan setengah setahun anda harus sudah melakukan evaluasi ini, tujuannya adalah untuk mempertimbangakan berbagai hal entah itu perbaikan, peningkatan atau peninjauan kembali atas keputusan yang pernah anda ambil.

 

Semoga bermanfaat!!!

Jadi MC yangg very GOOD ?? BAca duluuuuu

0

Master of Ceremonies atau MC adalah suatu kegiatan untuk memandu sebuah acara. Seperti acara hiburan, acara ulang tahun, talk show, dan sebagainya. Menjadi seorang MC atau pembawa acara sekilas kelihatan mudah. Bahkan ada yang mengatakan seperti ini “enak ya jadi MC, cuma gitu-gitu doang dapat duit”. Enak bagi kita, tapi bagi para pelaku tidak seenak yang kita kira. Karena untuk bisa seperti itu, mereka telah melalui berbagai macam proses belajar yang bisa di bilang tidak mudah.

Ada banyak alasan kenapa kita harus belajar jadi MC. Pertama, MC bisa dijadikan sebagai pekerjaan, dengan menjadi MC yang professional Anda bisa mendapatkan income dari profesi ini. Kedua, mungkin Anda tertarik karena memang sering membawakan acara di sebuah acara seperti dikantor, di lingkungan tempat tinggal, di acara komunitas atau organisasi dan sebagainya. Ketiga,  Anda hanya ingin belajar, artinya anda tidak punya keinginan untuk menjadi MC professional dan tidak pula sering memandu sebuah acara. Tapi di sini Anda hanya ingin sekedar tahu. Niat yang semacam ini juga tidak masalah, justru itu baik, jika sewaktu-waktu Anda diminta menjadi MC, paling tidak Anda sudah tahu ilmunya.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya menjadi MC bukanlah hal yang mudah, tapi bukan pula hal yang sulit untuk dipelajari. Intinya ada tiga, mau belajar, mau berlatih dan mau mencoba.

Persiapan kunci sukses menjadi MC

Ninda Nindiani seorang MC profesional mengatakan persiapan yang memadai adalah salah satu kunci kesuksesan seorang MC. Persiapan yang baik adalah bagian dari prfesionalisme. Bukan justru seseorang yang bertugas tanpa persiapan itulah yang dikatakan professional. Seorang MC yang baik akan mempersiapkan segala sesuatunya, seperti busana dan materi acara, supaya dapat berlangsung dengan lancar.

Bagi seorang profesional yang memiliki jam terbang tinggi umumnya lebih memiliki persiapan dibandingkan MC yang jam terbangnya sedikit. Namun itu tidak sepenuhnya menjadi jaminanan. Banyak juga MC yang memiliki jam terbang tinggi tidak bisa menampilkan performa terbaik. Hal yang semacam ini wajar saja terjadi, karena memang berbagai faktor-faktor non teknis mungkin saja terjadi. Namun satu kunci yang harus kita ingat keberhasilan menjadi MC sangat tergantung dari persiapan yang  kita lakukan, semakin baik persiapan yang kita lakukan maka hasilnya akan semakin baik.

Tahu Kapan Harus Menolak dan Menerima Tawaran

Untuk menjadi MC yang profesional, maka kita harus tahu kapan  menolak dan menerima tawaran. Bagi orang yang baru belajar, umumnya akan menerima semua tawaran yang datang kepadanya. Hal itu dilakukan lantaran semangat yang terlalu menggebu, ingin bisa tampil dan membuktikan bahwa dirinya adalah MC yang kompeten. Semangat seperti itu sih boleh saja, tapi kita juga harus tahu bahwa dalam keadaan tertentu seorang MC juga boleh menolak tawaran yang datang kepadanya.

Hal di atas senada dengan pendapat dari Ninda Nindiani seorang MC profesional yang menyatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan memang memperhatikan apakah tawaran atau permintaan itu akan Anda terima atau Anda tolak. Penolakan bukan karena Anda takut, tapi karena realistis. Contoh suatu pagi secara mendadak Anda diminta untuk menjadi MC untuk menggantikan MC yang sebelumnya, karena sakit. Acaranya adalah malam perayaan ulang tahun kampus, yang memiliki serangkaian acara yag banyak dari siang sampai malam. Dalam acara tersebut Anda juga diminta untuk berpakaian adat, karena tema perayaannya adalah tentang kebudayaan daerah.

Saat itulah Anda perlu mempertimbangkan, apakah waktu untuk mempelajari situasi dan acaranya, kemudian busana, berdandan dan siap dua jam sebelum acara dimulai? Bila Anda merasa tidak mungkin melakukan itu semua, maka penolakan adalah penolakan yang penuh perhitungan, bukan sekedar takut menghadapi tugas itu.Tetapi, kalau segala persiapan memungkinkan, termasuk observasi venue dan mempelajari acaranya. Maka Anda perlu mengatakan saya sanggup untuk menjadi MC acara ini.

Tuntutan Kemampuan

Untuk bisa menjadi MC yang baik, minimal ada tiga kemampuan dasar yang harus dikuasai. Kemampuan-kemampuan itu menjadi kunci utama berhasil dan tidaknya MC membawakan sebuah acara dengan sukses. Kemampuan-kemampuan tersebut antara lain:

1. Ketrampilan oleh vocal

Vocal atau suara adalah modal utama bagi seorang MC. Tapi tidak asal bersuara, karena kalau hanya asal bersuara siapapun pun bisa melakukan hal ini. Saya yakin Anda pernah mendengar seorang MC saat sedang membawakan acara. Anda mungkin pernah mendengarkan MC yang kata-katanya sangat renyah, jelas, menarik dan membuat Anda suka mendengarnya, namun Ada kalanya Anda mendengar seorang MC yang suaranya garing, tidak jelas, membosankan dan membuat Anda ogah mendengarnya. Inilah perbedaan mana MC yang memiliki ketrampilan oleh vocal yang baik dan tidak. Dengan kata lain ketrampilan oleh vocal ini adalah sebuah kemampuan di mana seorang MC mampu menguasai dinamika komunikasi yang baik dan menarik.

2. Kepribadian yang menarik

Kepribadian yang di maksud di sini adalah seorang MC harus menampilkan diri apa adanya atau memiliki keaslian. Seorang MC yang baik tidak perlu meniru orang lain, ia cukup menjadi dirinya sendiri. Saya sendiri sering geli, ketika mendengar seorang MC yang tidak menjadi dirinya sendiri. Seolah-olah saya malah melihat ada sesuatu yang dipaksakan. Padahal untuk menjadi MC yang baik itu hanya perlu menjadi diri sendiri, tidak perlu adanya pemaksaan diri.

3. Kreatif dan berjiwa entertainer

Seorang MC tidak boleh sampai kehabisan kata, apalagi minim pengalaman. Karena itu MC juga dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Hal itu bisa dilakukan seorang MC, selama ia mau membuka mata dan telinga terhadap perubahan. Selain kreatif seorang MC juga harus memiliki jiwa entertainer atau jiwa penghibur. Ini adalah satu keahlian yang akan semakin menghidupkan acara yang akan dipandu. Jadi jadilah kreatif dan penghibur !

Apa yang harus dilakukan untuk menjalankan tugas menjadi MC?

Sekarang kita langsung pada bagian, dimana kita akan belajar bagaimana menjalankan tugas sebagai seorang MC. Di dalam tulisan ini saya akan membagi tugas  dalam dua kegiatan, yang pertama persiapan dan kedua pelaksanaan.

1.      Persiapan yang harus dilakukan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, persiapan itu sangat penting dilakukan oleh seorang MC jika menginginkan kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan mental. Bagi yang sudah terbiasa menjadi MC mungkin mental tidak terlalu jadi masalah. Tapi bagi pemula mental bisa menjadi masalah, jika tidak dipersiapkan secara baik. Jadi siapkan mental Anda dengan baik.

Kedua, Anda harus mempelajari jenis acara yang akan Anda pandu, apakah berformat upacara, acara resmi, acara setengah resmi atau acara santai. Siapkan busana yang sesuai, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Ini berlaku untuk perempuan dan laki-laki.

Ketiga, Anda harus membuat susunan acaranya serta menulis kalimat-kalimat yang akan diucapkan nantinya. Dengan menuliskannya otomatis kita akan mempelajari unsur-unsur acara tersebut dan merencanakan kalimat seperti apa yang akan diucapkan. Bila terasa kurang pas, masih ada waktu untuk memperbaiki dan menulis kembali kalimat yang lebih tepat.

Keempat, buatlah cue-cards (seriing disingkat: Q-Cards), yaitu kartu-kartu tempat Anda menempelkan sususan acara dan draf MC sebagai pegangan saat bertugas. Kartu ini kira-kira seukuran maksimal ½ halaman kuarto (A4), sehingga mudah dipegang dan tidak menyulitkan untuk di baca.

Keempat hal di atas adalah tips yang saya kutip dari Ninda Nindiani seorang professional MC yang sudah memiliki pengalaman puluhan tahun menjadi MC.

2.      Pelaksanaan Tugas

Tahap ini adalah tahap di mana Anda akan menjalankan tugas Anda menjadi MC. Supaya tugas bisa Anda jalankan dengan baik ada tigas hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, datanglah ke tempat acara jauh sebelum acara di mulai. Hal ini penting untuk diperhatikan, supaya Anda bisa tampil prima saat membawakan acara. Kedua, sebelum dan selama acara berlangsung Anda haru melakukan koordinasi dengan pengelola acara. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkin-kemungkinan yang terjadi saat acara berlangsung. Ketiga, lakukan tugas Anda dengan enjoy, nikmat setiap momen yang ada dan jangan takut untuk melakukan improvisasi, selama tidak berlebihan dan menyimpang dari alur dan tujuan yang telah ditetapkan. Keempat, sesekali berilah selingan humor, untuk membuat suasana lebih semarak.

Berbagai tips yang disampaikan pada dasarnya adalah alat. Artinya berhasil dan tidaknya alat itu membantu Anda menjadi seorang MC yang baik, sangat tergantung dari usaha yang Anda lakukan untuk mencapai itu semua. Tulisan ini tidak bermanfaat apa-apa jika Anda tidak mau mencobanya. Selamat mencoba.

Mengelola rasa MALU?? bisaa kok

0

Punya rasa malu adalah penting asal tidak malu-maluin. Malu bisa membuat anda semakin maju tapi malu juga bisa membuat anda semakin terpuruk dan gagal.

Ungkapan di atas saya tulis bukan tanpa alasan. Sebab dari hasil observasi dan pengalaman hidup, malu bisa menimbulkan energi positif dan negatif. Sebelumnya saya akan sedikit bercerita. Pernah adik saya curhat bahwa praktikumnya tidak berjalan dengan lancar. Ia mengatakan sangat malu dengan apa yang telah terjadi, padahal harusnya saya bisa menunjukkan hal yang lebih baik. Satu hal yang saya katakan padanya, ini adalah sebuah pelajaran. Kemudian saya bertanya apa yang akan kamu lakukan untuk mensikapi hal itu? Dia menjawab akan lebih rajin belajar, supaya tidak merasakan malu lagi ketika sedang mengerjakan tugas atau kegiatan.

Cerita di atas adalah contoh malu yang bisa membuat orang makin semangat. Bagaimana dengan malu yang membuat makin terpuruk? Sekarang silahkan baca cerita saya berikut:

Saya pernah menjumpai seorang mahasiswa yang sebenarnya cukup punya kemampuan. Tapi pernah di suatu presentasi mahasiswa tersebut sama sekali tidak bisa menampilkan presentasi yang menarik, bahkan satu pun pertanyaan dari peserta tidak ada yang terjawab. Saat itu juga saya tahu mahasiswa ini malu luar biasa, hal ini nampak dari raut wajah dan sikap yang ia tunjukkan. Gara-gara kejadian itu, mahasiswa tersebut bukan makin semangat dalam setiap kuliah, tapi malah makin tidak percaya diri, tidak kreatif dan tidak berani mengutarakan pendapat. Ini merupakan satu contoh seseorang yang tidak mampu mengelola kagagalan dan rasa malunya dengan tepat.

Terus apa dampak dari kegagalan mengelola rasa lalu?

Dari berbagai pengalaman dan hasil observasi gagal dalam mengelola rasa malu akan berdampak pada diri seseorang. Dampak-dampak tersebut antara lain:

1.      Menjadi tidak percaya diri

Seseorang yang gagal dalam mengelola rasa malu umumnya rasa percaya dirinya menurun. Dia cenderung merasa dirinya banyak kekurangan dan  tidak mampu melakukan tugas dengan baik. Perasaan ini lah yang memberi sugesti alam bawah sadar anda bahwa memang anda seorang yang gagal. Contoh seseorang jadi tidak percaya diri dalam bertindak, tidak percaya diri dalam menjalalankan tuas bahkan bisa juga tidak percaya diri dalam pergaulan.

2.      Membuat seseorang  malas

Rasa malu yang tidak dikelola dengan baik akan membuat seseorang menjadi malas dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan apapun. Orang malas umumnya hanya bisa bergumam dalam hati atau suka berangan-angan. Hal ini tentu akan berdampak pada keputusan dan tindakan yang anda lakukan.

3.      Tidak memiliki gairah

Tidak memiliki gairah adalah dampak lain dari gagalnya mengelola perasaan malu. Orang yang sudah terlanjur malu, umumnya akan merasa tidak bersemangat dalam hidup. Ia menganggap apa yang telah terjadi seperti mimpi buruk yang seakan-akan terus menggerogoti keyakinan dan rasa optimis. Ketika seseorang sudah tidak memiliki gairah, maka antusias orang tersebut dalam melakukan suatu kegiatan juga akan menurun.

4.      Mengalami stagnisasi dalam berpikir

Stagnisasi berpikir atau  kemandekan berpikir adalah salah satu dampak dari gagalnya seseorang mengelola masa lalu. Kanapa bisa mengalami stagnisasi? Seperti kita ketahui ketika seseorang mengalami kegagalan, bawaannya ia selalu tergesa-gesa, sulit mengambil keputusan yang logis dan yang paling parah tidak mau lagi berpikir.

5.      Cenderung ragu dalam bertindak

Orang yang pernah gagal malu atau merasa dipermalukan tentu tidak menginginkan kejadian itu terualang kembali pada diri mereka. Namun mereka sadar antara tuntutan dengan kanyataan yang ada kadang berbeda, karena itulah orang suka ragu-ragu dalam bertindak.

Cara Mengelola Rasa Malu

Sekarang saya ingin bertanya kepada anda pernahkan anda mengalami rasa malu atau merasa di permalukan di muka umum? Jika jawaban anda Ya, berarti anda beruntung menemukan artikel ini. Di bawah ini akan saya tunjukkan bagaimana caran mengelola perasaan malu secara akurat.

1.      Terima apa yang terjadi sebagai sebuah pelajaran

Kalau anda memang mengalami kegagalan terimalah itu dengan jiwa besar. Perlu diingat kegagalan yang anda alami saat ini bukanlah akhir dari segalanya. Masih banyak waktu dan kesempatan untuk memperbaiki diri. Mulailah berpikir lebih rasional, dengan begitu anda bisa mengevaluasi apa-apa yang bisa harus anda perbaiki dan apa-apa yang harus anda tingkatkan. Percayalah ini akan menjadi pengalaman menarik bagi anda.

2.      Sadar bahwa diri memiliki keterbatasan

Di dunia ini manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan keterbatasan. Anda harus sadar akan hal ini. Supaya anda tidak menyalahkan diri sendiri atau merasa rendah diri. Mungkin hari ini anda gagal tapi besok kita tidak tahu. Kalau anda mau mencoba melihat, di luar sana banyak sekalai orang yang mengalami kegagalan, tapi mereka tidak pernah malu dengan kegagalan tersebut. Malah mereka bangga pernah menjadi bagian dari kegagalan. Karena menurut merek kegagalanlah yang membuat mereka menjadi seperti yang mereka inginkan. jadi memiliki kesadaran akan kelemahana diri rasa malu anda bisa menjadi energi positif yang akan mengantarkan anda meraih kesuksesan.

3.      Lihat masa depan, jangan terpaku dengan masa lalu

Orang bilang masa lalu adalah sejarah dan masa depan adalah misteri. Meskipun masa depan tidak bisa anda tentukan, tapi masa depan bisa anda visualisasikan. Sekarang bukan saatnya menyesali apa yang sudah terjadi, karena itu hanya akan membawa pada keterpurukan. Mulailah anda membuat keputusan untuk meraih masa depan yang lebih baik. Caranya bermimpilah dan bertindaklah untuk mencapai mimpi tersebut.

4.      Buktikan anda bisa memperbaiki diri.

Seseorang yang malu dengan kegagalan,umumnya terjadi karena dua hal. Pertama, karena penyesalan dan rasa rendah diri. Kedua, karena penilaian buruk dari orang lain. Untuk bisa mengelola masa lalu ini, anda harus membuktikan pada diri dan orang lain bahwa anda bisa memperbaiki diri. Jangan sampai anda banyak bicara, tapi tidak bisa membuktikan. Lebih baik anda diam, segera rencanakan perubahan dan buktikan bahwa anda bisa menjadi lebih baik.

Cara menumbuhkan minat membaca anda?? yukkk mariii

0

Membaca adalah salah satu aktivitas penting yang akan mengantarkan kita menjadi pribadi yang lebih unggul dan berkualitas. Namun untuk menumbuhkan rasa senang untuk membaca tidak lah mudah. Inilah satu hal yang sering dirasakan banyak orang. Hal itu wajar karena kebanyakan orang tidak tahu caranya bagaimana menumbuhkan minat membaca. Dari itulah berikut ada 8 cara efektif untuk menumbuhkan minat membaca, yang Insya Allah akan bermanfaat dan membuat anda senang untuk membaca.

1. Tentukan Tujuan Membaca

Pembaca yang baik adalah pembaca yang tahu betul akan tujuan ia membaca. Membaca bukanlah hanya aktivitas mata saja, tapi melibatkan aktivitas pikiran dan hati. Jika seseorang membaca buku tanpa tujuan maka apa yang dibacanya hanya akan sedikit saja memberikan manfaat. Berbeda dengan orang yang memiliki sebuah tujuan yang jelas. Sebelum ia membaca buku ia tahu betul buku mana yang dibutuhkan dan manfaat apa yang bisa diambil dari buku yang akan dibaca. Hal inilah yang selama ini kurang dipahami oleh banyak orang, sehingga mereka pun sulit menumbuhkan minat membaca dalam dirinya.

2. Buatlah Perencanaan Dalam Membaca

Dalam segala hal rencana selalu memegang peranan penting. Kenapa demikian? Karena perencanaan akan membantu seseorang menjadi lebih siap dalam menjalankan tugasnya. Apakah termasuk dalam membaca buku? Ya. Membaca buku juga butuh perencanaan. Dalam hal ini anda harus tahu betul kapasitas kemampuan anda yakni berupa waktu yang tepat, buku yang sesuai dan kapasitas menguasainya.  Setelah anda mengetahui kemampuan anda, teruskan dengan membuat target misalnya anda akan membaca 1 buku dalam waktu satu bulan, dalam waktu 6 bulan anda akan membaca 6 buku dan satu tahun akan membaca 12 buku. Dalam menyusun perencanaan ini awalnya sangat berat, tapi dengan sebuah kesungguhan dan komitmen manfaat besar akan anda raih di kemudian hari.

3. Mulailah Dari yang Paling Anda Sukai

Ketika seseorang ingin menumbuhkan semangat membaca buku, sebaiknya bacalah buku-buku yang paling anda sukai lebih dulu. Namun di sini anda juga harus melihat kualitas buku bacaan yang anda. Tentu saja buku yang baik dibaca adalah buku-buku yang bisa memberikan manfaat kepada diri anda, bukan malah sebaliknya meskipun anda suka. Mungkin ada yang bertanya jika tidak ada buku yang saya sukai bagaimana? Jika itu yang anda alami, saya sarankan banyak-banyaklah merenung, untuk menemukan masalah anda, karena hanya anda yang tahu tentang masalah itu.

4. Aturlah Waktu Anda

Tidak punya waktu satu alasan yang sering diungkapkan oleh seseorang ketika ditanya tentang membaca buku. Mungkin memang benar, karena kesibukan terkadang membuat menjadi capek dan sedikit punya waktu dibandingkan dengan seseorang yang aktivitasnya tidak banyak. Namun itu bukan alasan kenapa seseorang enggan membaca buku. Sebenarnya waktu itu banyak. Hanya saja seseorang cenderung mengingkarinya. Sekarang kalau kita mau jujur dalam sehari pastilah kita memiliki waktu luang, meskipun hanya antara 30 menit sampai  1 jam. Benar gak? Tidak…..!!! Ini adalah jawaban orang yang hidupnya saya yakin tidak menyenangkan, hehe. Saya rasa tidak perlu saya panjang lebar, intinya adalah  kenali waktu luang anda dan gunakan itu untuk membaca, kalau perlu bawalah selalu buku kemanapun anda berada, sehingga kapan saja ada waktu luang anda bisa membacanya.

5. Mulailah Secara Bertahap

Banyak orang ketika menemukan semangat membaca pertama kali, biasanya mereka ingin langsung membaca buku, ada juga yang langsung mencari buku di toko buku, kemudian ia menyempatkan waktu yang banyak untuk itu.  Sampai-sampai mereka mengorbankan waktu-waktu yang lain hanya untuk membaca buku, bagi mereka buku adalah hal yang sangat penting. Bagi orang yang seperti ini saya mengatakan “Santai saja bro…perlahan-lahan saja, tidak usah terlalu nafsu. Sesungguhnya membaca itu hanya butuh istiqomah atau kontinuitas, khususnya bagi mereka yang belum terbiasa membaca. Karena kalau tidak anda akan cepat merasa bosan.

6. Bersungguh-sungguhlah

Pernah mendengar pepatah Arab yang berbunyi “Man Jadda Wajada” yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Dalam membaca pun di butuhkan kesungguhan. Siapa orang yang bersungguh-sungguh dalam membaca, maka manfaat besar pun akan diraih. Sekarang coba anda tanyakan pada diri anda sendiri, selama ini sudahkah anda bersungguh-sungguh dalam membaca? Kalau sudah saya mengucapkan selamat, semoga manfaat besar akan segera anda raih. kalau belum, mulai detik ini segeralah rubah kebiasaan anda itu, mulailah mengambil sebuah tanggung jawab besar bahwa dengan membaca anda hidup anda dan hidup orang lain akan lebih bahagia.

7. Manfaatkan Sarana Yang Ada

Jika di sekolah atau di rumah anda ada perpustakaan maka manfaatkan sarana itu dengan baik. Tentunya tidak semua orang punya koleksi buku bacaan yang banyak dan bermanfaat. Karena itulah sarana yang ada ini harus anda manfaatkan dengan baik. Mungkin anda bertanya “bagaimana dengan orang yang sudah tidak sekolah atau di rumahnya tidak ada perpustakaan? Tentu saja masih banyak hal yang bisa dilakukan misalnya dengan membeli buku, atau anda cari buku elektronik di internet, di sana pun anda bisa mendapatkan banyak bahan bacaan yang bagus dan bermanfaat.

8. Sampaikan Apa Yang Anda Baca

Ketika seseorang sudah bisa mendapatkan ilmu dari sebuah buku, maka Dia wajib menyampaikan ilmu itu kepada orang lain. Seperti yang disabdakan Rasulullah Saw “Sampaikan yang datang dariku walau hanya satu ayat” (HR Bukhari)

Dari hadist tersebut adalah sebuah pelajaran yang dapat kita ambil yaitu kita dituntut untuk mengajar orang lain dari apa yang telah kita pelajari. Hal ini memberikan dua manfaat. Pertama, manfaat buat diri kita sendiri. Dengan kita berbagi, ilmu itu akan semakin terpatri di dalam otak, sehingga kita akan semakin memahami apa yang telah kita pelajari, dan saya yakin Allah akan mewariskan ilmu lain yang belum kita ketahui. Kedua, manfaat buat orang lain. Manfaatnya seperti bisa membantu orang lain keluar dari masalahnya, memberikan pengetahuan baru bagi orang lain, membukakan pikiran dan hati orang lain dari kebuntuan dan lain-lain. Satu hal yang harus kita catat “Setiap Anda mengajarkan manusia, maka Allah akan menambah ilmu Anda.

Mampukah anda mengenalinya ??

0

1. Bila seorang wanita mengatakan dia sedang bersedih, tetapi dia tidak menitiskan airmata, itu bermakna dia sedang menangis di dalam hatinya.

2. Bila dia tidak menghiraukan kamu selepas kamu menyakiti hatinya, lebih baik kamu memberi dia waktu untuk menenangkan hatinya semula sebelum kamu menegur dengan ucapan maaf.

3. Wanita sulit untuk cari benda yang dia benci tentang orang yang paling dia sayang (sebab itu ramai wanita yang patah hati bila hubungan itu putus di tengah jalan).

4. Sekiranya sorang wanita jatuh cinta dengan seorang lelaki, lelaki itu akan sentiasa ada di fikirannya walaupun ketika dia sedang keluar dengan lelaki lain.

5. Bila lelaki yang dia suka dan cinta merenung tajam ke dalam matanya, dia akan cair seperti coklat!!

6. Wanita memang suka akan pujian tetapi selalu tidak tau macam mana nak menerima pujian.

7. Jika kamu tidak suka dengan gadis yang suka pada kamu separuh mati, tolak cintanya dengan lembut, jangan berkasar sebab ada satu semangat dalam diri wanita yang kamu tak akan tahu bila dia dah buat keputusan, dia akan lakukan apa saja.

8. Sekiranya sorang gadis mula menjauhkan diri darimu selepas kamu tolak cintanya, biarkan dia untuk seketika. Sekiranya kamu masih ingin menganggap dia seorang teman, cobalah tegur dia perlahan-lahan.

9. Wanita suka meluahkan apa yang mereka rasa. Musik, puisi, lukisan dan tulisan adalah cara termudah mereka meluahkan isi hati mereka.

10. Jangan sesekali beritahu perempuan yang mereka nilai langsung tak berguna.

11. Bersikap terlalu serius boleh mematikan mood wanita.

12. Bila lelaki yang dicintainya diam diam, memberikan respon positif, misalnya menghubunginya melalui telefon, si gadis akan bersikap acuh tak acuh seolah-olah tidak berminat, tetapi sebaik saja gagang telepon diletakkan, dia akan menjerit histeris dan tak sampai sepuluh menit, semua rekan-rekannya akan tahu berita tersebut.

13. Sekuntum senyuman memberi seribu erti bagi wanita. Jadi jangan senyum sebarangan.

14. Jika kamu menyukai seorang wanita, cubalah mulakan dengan persahabatan. Kemudian biarkan dia mengenalimu dengan lebih mendalam.

15. Jika sorang wanita memberi seribu satu alasan setiap kali kamu ajak keluar, tinggalkan dia sebab dia memang tak berminat denganmu.

16. Tetapi jika dalam masa yang sama dia menghubungimu atau menunggu panggilan darimu, teruskan usahamu untuk memikatnya.

17. Jangan sesekali coba menebak apa yang ada di benak wanita. Tanyakan langsung !!

18. Selepas sorang gadis jatuh cinta,dia akan sering bertanya-tanya kenapalah aku tak ketemu lelaki ini lebih awal.

19. Kalau kamu masih mencari2 cara yang paling romantis untuk memikat hati sorang gadis, cobalah rajin-rajin membaca buku-buku cinta. Ya, segampang itu memang…

20. Bila setiap kali gambar satu kelas/sekolah dicetak, yang pertama dilihat oleh wanita ialah siapa yang berdiri di sebelah buah hatinya, kemudian barulah dirinya sendiri.

21. Bekas teman lelaki akan sentiasa ada di fikirannya tetapi lelaki yang dicintainya sekarang akan berada di tempat teristimewa yaitu di hatinya!!

22. Satu ucapan �Hi� saja sudah cukup menceriakan harinya.

23. Teman baiknya saja yang tahu apa yang sedang dia rasa dan lalui.

24. Wanita paling benci lelaki yang berbaik-baik dengan mereka hanya untuk mendekati teman mereka yang paling cantik.

25. Cinta bermaksud kesetiaan, perhatian, jujur dan kebahagiaan tanpa kompromi.

26. Semua wanita menginginkan sorang lelaki yang mencintai mereka sepenuh hati ..

27. Senjata wanita adalah airmata!!

28. Wanita suka jika sesekali orang yang disayanginya memberikan surprise buatnya (hadiah, bunga atau sekadar kartu ucapan romantis). Mereka akan rasa terharu dan merasakan bahwa dirinya dicintai setulus hati. Dengan ini dia tak akan ragu-ragu terhadapmu.

29. Wanita mudah jatuh hati pada lelaki yang perhatian tentang mereka dan baik terhadapnya. So, bila ingin memikat wanita, pandai-pandailah.

30. Sebenarnya mudah mengambil hati wanita karena apa yang dia mahu hanyalah perasaan dicintai dan disayangi sepenuh jiwa.